PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2020

USLI, VERA AFRIANI (2021) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of NIM. 7173141036 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 7173141036 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (668kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 7173141036 PREFACE.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 PREFACE.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 7173141036 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 7173141036 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 7173141036 TABLES.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 TABLES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 7173141036 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 7173141036 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 7173141036 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 7173141036 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
NIM. 7173141036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi stambuk 2020 belum memiliki motivasi belajar yang tinggi ditandai dengan masih adanya mahasiswa yang kurang aktif dan konsentrasi ketika belajar, kurang memiliki rasa ingin tahu dan antusias, serta kurang percaya diri terhadap kemampuan diri sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Literasi Digital dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020.
Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 85 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan metode Probability Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Penentuan besarnya jumlah sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 70 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial, uji hipotesis simultan dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persamaan regresi linear berganda Y=14,210+0,371x_1+0,272x_2+e; (2) Secara parsial Literasi Digital (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020; (3) Secara parsial Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020; (4) Secara simultan Literasi Digital (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020, dengan (5) Kontribusi sebesar 36, 6%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan Literasi Digital (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar (Y) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literasi Digital, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Oct 2022 01:40
Last Modified: 06 Oct 2022 01:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47782

Actions (login required)

View Item
View Item