ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2020/2021

Hasibuan, Putri Chairunnisa (2021) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI IPA MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173341055 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173341055 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173341055 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173341055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173341055 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173341055 PREFACE.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173341055 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173341055 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173341055 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173341055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173341055 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173341055 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173341055 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173341055 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173341055 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173341055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA MAN 2 MODEL MEDAN, mengetahui Korelasi antara kemadirian belajar dengan hasil belajar siswa, mengetahui Faktor penghambat dalam peningkatan kemandirian belajar siswa pada pelajaran Biologi, serta mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran Biologi di kelas XI IPA MAN 2 MODEL MEDAN. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 MODEL MEDAN T.P 2020/2021 pada bulan September sampai bulan November 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa sebanyak 198 orang dan guru Biologi sebanyak 2 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kemandirian belajar siswa masih berada dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata persentase 71,72%. Untuk hubungan hasil belajar dengan kemandirian belajar siswa terdapat hubungan yang tidak signifikan dengan nilai 0,028. Faktor yang menjadi penghambat adalah faktor internal dan faktor eksternal, dan upaya yang di lakukan guru untuk meningkatkan kemandirian belajar adalah memberikan tanggung jawab, reward, nasehat, motivasi dan kebebasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 063
Keywords: Kemandirian belajar; Hasil belajar; Pelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:09
Last Modified: 01 Sep 2022 07:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47697

Actions (login required)

View Item
View Item