ANALISIS KESIAPAN BELAJAR SISWA BERBASIS DARING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KELAS XI IPA SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN

Butar Butar, Natra Vilova (2021) ANALISIS KESIAPAN BELAJAR SISWA BERBASIS DARING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI KELAS XI IPA SMA SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173141045 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173141045 COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173141045 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173141045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173141045 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173141045 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173141045 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173141045 PREFACE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173141045 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173141045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173141045 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173141045 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173141045 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173141045 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173141045 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173141045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan belajar daring siswa dan tingkat kesiapan faktor-faktor belajar daring tersebut pada pembelajaran biologi materi peredaran darah siswa kelas XI IPA SMA Sultan Iskandar Muda Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah 152 siswa kelas XI IPA SMA Sultan Iskandar Muda Medan dengan jumlah sampel sebanyak 86 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan menggunakan mmetode penelitian deskriptif. Hasil analisis menggunakan butir soal untuk menghitung persentase penguasaan kognitif siswa menunjukkan aspek dengan persentase tuntas terdapat pada tingkat C1 yaitu 75.29% . Perhitungan persentase penguasaan siswa secara keseluruhan sebesar 59.6% dimana sebanyak 72 siswa belum tuntas karena tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan yaitu 75. Hasil analisis belajar siswa berdasarkan aspek indikator menunjukkan siswa hanya tuntas pada indikator ketujuh dengan persentase 79.07%. Sedangkan hasil analisis angket kesiapan belajar daring siswa menunjukkan sebanyak 41 siswa menempati kategori kurang siap. Tingkat kesiapan faktor-faktor kesiapan belajar daring menunjukkan kesiapan kondisi fisik (40.7%) dengan kategori siap, kesiapan kondisi mental (43%) kurang siap, kesiapan kondisi emosional (51.1%) dengan kategori kurang siap, kesiapan motivasi (40%) dengan kategori siap, kesiapan pengetahuan (38.4%) dengan kategori siap, kesiapan tujuan (55.8%) dengan kategori kurang siap, kesiapan kebutuhan (51%) dengan kategori siap, kesiapan keterampilan (33.7%) dengan kategori siap, kesiapan keluarga (51.2%) dengan kategori kurang siap, kesiapan faslitas (38.4%) kurang siap, dan kesiapan guru (46.5%) dengan kategori kurang siap. Tingkat kesiapan belajar daring siswa menempati kategori kurang siap yaitu persentase sebesar 47.7% dan tingkat kesiapan belajar berdasarkan faktor faktor kesiapan belajar menunjukkan enam faktor dalam keadaan kurang siap serta lima faktor dalam keadaan siap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 152
Keywords: Kesiapan belajar; Daring; Sistem peredaran darah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Aug 2022 03:22
Last Modified: 29 Aug 2022 03:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47658

Actions (login required)

View Item
View Item