PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTs AL WASLIYAH GUNTING SAGA T.A 2020/2021

Nasution, Dinda Fadhilah (2021) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTs AL WASLIYAH GUNTING SAGA T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4172111006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4172111006 COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172111006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172111006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4172111006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4172111006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4172111006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4172111006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4172111006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4172111006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4172111006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4172111006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4172111006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4172111006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4172111006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4172111006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi aritmatika sosial melalui penerapan model discovery learning di kelas VII MTs Al Wasliyah Gunting Saga Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al Wasliyah Gunting Saga yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Tes dilakukan sebanyak 3 kali yaitu tes awal, tes kemampuan berpikir kritis matematis I, dan tes kemampuan berpikir kritis matematis II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal materi aritmatika sosial sebelum diberi tindakan siswa belum mampu dalam merumuskan pokok-pokok permasalahan (31,25%), siswa belum mampu dalam memberikan alasan atau argumen yang benar (25%), siswa tidak dapat menyelesaikan masalah dengan beragam alternatif (25%) dan siswa belum mampu menarik kesimpulan dengan jelas dan logis (31,25%). Setelah diberi tindakan pada siklus I dan siklus II diperoleh siswa telah mampu dalam merumuskan pokok-pokok permasalahan dari suatu masalah atau informasi, siswa mampu memberikan alasan atau argumen yang benar, siswa dapat menyelesaikan masalah dengan beragam alternatif penyelesaian, dan siswa dapat menarik kesimpulan dengan jelas dan logis dari hasil penyelidikan. Hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis yang diberikan pada siklus I secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas adalah 14 siswa dari 32 siswa (43,75%) dengan rata-rata 54,48, pada siklus II siswa yang tuntas meningkat menjadi 26 siswa dari 32 siswa (81,25%) dengan rata-rata 73,34 dan telah mencapai kriteria ketuntasan klasikal karena 80% dari jumlah siswa memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori cukup yaitu minimal nilai ≥ 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di MTs Al Wasliyah Gunting Saga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 MAT 176
Keywords: Berpikir kritis; Discovery learning; Aritmatika sosial; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:50
Last Modified: 11 Jul 2022 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46321

Actions (login required)

View Item
View Item