PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK TERAPI PERILAKU KOGNITIF TERHADAP PENINGKATAN HOTS SISWA/I KELAS XI-IPA DI MAS YASPEND MUSLIM TAHUN AJARAN 2020/2021

SYAHRA, ALFI (2021) PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK TERAPI PERILAKU KOGNITIF TERHADAP PENINGKATAN HOTS SISWA/I KELAS XI-IPA DI MAS YASPEND MUSLIM TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1163151001. COVER.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text
2. NIM. 1163151001. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (520kB)
[img] Text
3. NIM. 1163151001. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text
4. NIM. 1163151001. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (135kB)
[img] Text
5. NIM. 1163151001. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text
6. NIM. 1163151001. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text
7. NIM. 1163151001. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
8. NIM. 1163151001. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
9. NIM. 1163151001. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB)
[img] Text
10. NIM. 1163151001. BAB I PENDAHLUAN.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text
14. NIM. 1163151001. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text
15. NIM. 1163151001. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Terapi Perilaku Kognitif Terhadap PeningkatanHOTS Siswa/I Kelas XI-IPA Di MAS Yaspend Muslim Tahun Ajaran 2020/2021. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :Apakah ada Pengaruh Bimbingan Klasikal Teknik Terapi Perilaku Kognitif Terhadap PeningkatanHOTS Siswa/I Kelas XI-IPA Di MAS Yaspend Muslim Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalahPre-expetimental designdengan jenis Pre test-post test one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 orang siswa kelas XI-IPA yang memiliki HOTS diantaranya 15 siswa yang memiliki kategori HOTS Sedang dan 23 siswa yang memiliki kategori HOTS yang rendah. Instrumen yang digunakan adalah skala HOTS. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan klasikal. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian bimbingan klasikal teknik terapi perilaku kognitif terhadap peningkatan HOTS siswa/i. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 80 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 131. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung= 364 sedangkan Jtabel =235. Dari table nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=38 α= 0,05 sesuai dengan criteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel yaitu Jhitung>Jtabel di mana 364 >235, dari perhitungan ini dapat dilihat bahwa artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian Bimbingan Klasikal Teknik Terapi Perilaku Kognitif Terhadap PeningkatanHOTS Siswa/iKelas XI-IPA di MAS Yaspend Muslim Tahun Ajaran 2020/2021dapatditerima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMurad, Abdulnidn0018025901
Keywords: Bimbingan Klasikal Teknik Terapi Perilaku Kognitif, HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:28
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46193

Actions (login required)

View Item View Item