PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 2 TAKENGON

Asnawi, (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP NEGERI 2 TAKENGON. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809715002 Cover.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809715002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809715002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809715002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809715002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809715002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809715002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809715002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809715002 Bab I.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809715002 Bab V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 809715002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuanpemahaman konsep siswa yang diajarkan melalui pembelajaran berbasis masalah(PBM) lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan melalui pembelajaran biasa;2). Untuk megetahui apakah peningkatan disposisi matematis siswa yangdiajarkan melalui pembelajaran berbasis masalah (PBM) lebih tinggi dari padasiswa yang diajarkan melalui pembelajaran biasa; 3). Untuk mengetahui apakahterdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswaterhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; 4). Untukmengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awalmatematika siswa terhadap peningkatan disposisi matematis; 5). Untukmengetahui bagaimana proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikanmasalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitiankuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2Takengon. Sampel eksperimen berjumlah 30 orang dan sampel kontrol berjumlah30 orang siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuanpemahaman konsep dengan materi prisma dan limas (2) angket skala disposisi.Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistikdeskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Analisis statistik data dilakukandengan analisis uji-t dan anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :(1). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yangmemperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuanpemahaman konsep matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.(2). Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaranberbasis masalah lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperolehpembelajaran biasa; (3). Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengankemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuanpemahaman konsep matematis siswa; (4). Tidak terdapat interaksi antarapembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatandisposisi matematis; (5). Proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikanmasalah pada pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada pembelajaranbiasa. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar pembelajaranberbasis masalah dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untukmeningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi siswa sebagai salahsatu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovat

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArmanto, Dian196311101988031001
Thesis advisorFauzi, M. Amin196406291993031001
Call Number: 51.071 2 Asn p
Keywords: Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Pemahaman Konsep,Disposisi Matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4617

Actions (login required)

View Item View Item