PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XI BISNIS DARING PEMASARAN SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2020/2021

OKTAVIA, ESPERANZA (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN SELF-REGULATED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN BISNIS RITEL KELAS XI BISNIS DARING PEMASARAN SMK NEGERI 7 MEDAN T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7173143014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7173143014 COVER.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7173143014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7173143014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7173143014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7173143014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7173143014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7173143014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7173143914 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7173143914 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7173143914 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7173143914 TABLE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7173143014 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7173143014 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7173143014 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7173143014 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7173143014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7173143014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7173143014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7173143014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7173143014 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7173143014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini “rendahnya prestasi belajar siswa kelas XI Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 7 Medan TA 2020/2021”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran e-learning dan self-regulated learning terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 7 Medan TA 2020/2021. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Medan dengan populasi sebanyak 68 orang siswa dan sampel berjumlah 68 orang siswa yang diambil secara keseluruhan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket pembelajaran e-learning, self-regulated learning dan prestasi belajar dalam bentuk skala likert masing-masing 25 item soal. Hasil analisis data menggunakan regresi linear berganda dan uji hipotesis dan disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning dan self-regulated learning berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 13,106 + 0,341 (X1) + 0, 355 (X2) + e. Selanjutnya dilihat dari nilai signifikan antara pembelajaran e-learning terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 2,664 > 1,997 dengan nilai signifikan 0,010 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara self-regulated learning terhadap prestasi belajar siswa dimana nilai thitung > ttabel 2,787 > 1,997 dengan nilai signifikan 0,007 < 0,05. Secara simultan (uji F) ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel dimana 39,671 > 3,14 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat dilakukan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa pembelajaran e-learning dan self-regulated learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Bisnis Daring Pemasaran SMK Negeri 7 Medan TA 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran E-Learning, Self-Regulated Learning, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:36
Last Modified: 19 Sep 2022 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46072

Actions (login required)

View Item
View Item