PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN

Aritonang, Riani S. (2021) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173311080 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311080 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311080 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of 3, NIM 4173311080 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3, NIM 4173311080 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311080 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311080 PREFACE.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173311080 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173311080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4173311080 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4173311080 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4173311080 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4173311080 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311080 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan masalah matematik siswa menggunakan model problem based learning dengan model discovery learning di kelas X SMA 11 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan model problem based learning dan discovery learning, sedangkan variabelnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 11 Medan yang terdiri dari sepuluh kelas sedangkan sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 1 (kelas eksperimen I) sebanyak 34 orang dan X MIPA 2 (kelas eksperimen II) sebanyak 34 orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan lembar observasi. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas data dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data dengan menggunakan uji F. dari pengujian tersebut didapatkan bahwa hasil pretest kedua sampel berdistribusi normal dan homogen, dengan demikian penulis dapat memberikan perlakuan terhadap kedua sampel tersebut. Dari hasil analisis data prretest-posttest dengan menggunakan uji-t pada 0,05 diperoleh t hitung > t tabel yaitu 6,7069 > 1,9965 sehingga H0 ditolak Ha diterima. Maka disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan model problem based learninglebih baik daripada model discovery learning pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 061
Keywords: Discovery learning; Pemecahan masalah matematis; Pembelajaran berbasis masalah; Persamaan linear tiga variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 04 Jun 2022 16:58
Last Modified: 25 Aug 2022 08:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45971

Actions (login required)

View Item
View Item