PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN

Situmorang, Mega M (2021) PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM . 4173311069 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM . 4173311069 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM . 4173311069 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM . 4173311069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM . 4173311069 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM . 4173311069 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM . 4173311069 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM . 4173311069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM . 4173311069 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM . 4173311069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM . 4173311069 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM . 4173311069 BAB I.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM . 4173311069 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM . 4173311069 BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM . 4173311069 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM . 4173311069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan media animasi terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Medan. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri Medan, sampel teknik penelitian ini menggunakan teknik random sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini siswa kelas VIII sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen sebanyak 30 siswa yang diatur dengan menggunakan media animasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol sebanyak 30 siswa yang diajari dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari soal tes (kemampuan koneksi). Berdasarkan hasil pengolahan data,pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan media animasi setelah diberikan tes kemampuan koneksi diperoleh nilai rata-rata 70,17 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 56,87 maka lebih tinggi nilai rata-rata menggunakan media animasi model Problem Based Learning (PBL). Dari hasil uji hipotesis dengan uji t dengan dk=60 dan ∝ = 0,05 maka diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 044
Keywords: Koneksi matematika; Animasi; Problem based learning; Media pembelajaran; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Sep 2022 06:19
Last Modified: 15 Sep 2022 06:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45960

Actions (login required)

View Item
View Item