PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MS. EXCEL

Maysarah, Siti (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KEMAMPUAN KREATIVITAS MATEMATIK SISWA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MS. EXCEL. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136172077 Cover.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136172077 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136172077 Abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136172077 Kata pengantar.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136172077 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136172077 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136172077 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136172077 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8136172077 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8136172077 Bab V.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8136172077 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh model Project Based Learning berbantuan Ms.Excel lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Apakah peningkatan kemampuan kreativitas matematik siswa yang memperoleh model Project Based Learning berbantuan Ms.Excel lebih tinggi daripada kemampuan kreativitas matematik siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (3) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa. (4) Apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap peningkatan kemampuan kreativitas matematik siswa. (5) Bagaimana proses penyelesaian jawaban siswa terkait dengan permasalahan kemampuan komunikasi matematik dan kemampuan kreativitas matematik pada pembelajaran yang menggunakan model Project Based Learning berbantuan Ms.Excel dan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Asy-Syafi’iyah Internasional Medan. Kemudian dipilihlah kelas XI-IA A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IA B sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan Ms.Excel dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematik dan tes kemampuan kreativitas matematik. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan persentase pencapaian skor siswa pada pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning berbantuan Ms.Excel dan Pembelajaran Biasa. Analisis inferensial data dilakukan dengan ANAVA 2 Jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh model Project Based Learning berbantuan Ms.Excel lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (2) Peningkatan kemampuan kreativitas matematik siswa yang memperoleh model Project Based Learning berbantuan Ms.Excel lebih tinggi daripada kemampuan kreativitas matematik siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan kreativitas matematik siswa. (5) Proses penyelesaian jawaban yang dibuat oleh siswa ketika menjawab permasalahan kemampuan komunikasi matematik dan kemampuan kreativitas matematik lebih baik daripada siswa yang menggunakan Pembelajaran Biasa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: Model Project Based Learning berbantuan Ms.Excel dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dan kemampuan kreativitas matematik siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 510.071 2 mAY P
Keywords: Model Project Based Learning, Ms.Excel, Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemampuan Kreativitas Matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4588

Actions (login required)

View Item View Item