PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 1 SIPIROK

Sari, Dianna (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI SMP NEGERI 1 SIPIROK. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136171017 Cover.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136171017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136171017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136171017 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136171017 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136171017 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136171017 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136171017 Bab I.pdf - Published Version

Download (620kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8136171017 Bab V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8136171017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan pemahaman konsep matematik dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem solving dan pembelajaran biasa, (2) interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap pemahaman konsep matematik dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sipirok. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pre-test-post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sipirok, sedangkan sampelnya terdiri 32 siswa pada kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa pada kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematik, angket kemandirian belajar siswa. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan pemahaman konsep matematik dan kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan problem solving lebih tinggi daripada pembelajaran biasa. Hasil rerata peningkatan pemahaman konsep matematika yang diberi pembelajaran dengan pendekatan problem solving dan pembelajaran biasa masing-masing sebesar 0,66 dan 0,55, dan rerata peningkatan kemandirian belajar siswa masing-masing sebesar 0,20 dan 0,11. (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap pemahaman konsep matematik dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Thesis advisorRajagukguk, Waminton19611005198601100
Call Number: 510.071 2 Sar p
Keywords: Pemahaman Konsep Matematik; Kemandirian Belajar Siswa; Pendekatan Problem Solving
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4573

Actions (login required)

View Item View Item