PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 AIR JOMAN MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING

Astuti, Dewi (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA NEGERI 1 AIR JOMAN MELALUI PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136172020 Cover.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136172020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136172020 Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136172020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136172020 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136172020 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136172020 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136172020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8136172020 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8136172020 Bab V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8136172020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian berjenis kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis yang terjadi pada siswa yang diberi pembelajaran penemuan terbimbing dan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Air Joman Kabupaten Asahan dengan sampel siswa dari dua kelas X masing-masing X-2 dan X-3. Kemampuan awal matematika siswa digolongkan sesuai dengan nilai rapot semester ganjil T.A 2014/2015. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan pembelajaran penemuan terbimbing lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini dilihat dari N-gain kelas eksperimen (menggunakan pembelajaran penemuan terbimbing) sebesar 0,14 dan N-Gain kelas kontrol (menggunakan pembelajaran konvensional) sebesar 0,13. Demikian pula dengan kemampuan berpikir kritis, siswa yang diajar dengan pembelajaran penemuan terbimbing memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Ini terlihat dari rata-rata N-gain yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 0,13 sedangkan N-Gain kelas kontrol sebesar 0,12. Adapun interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal diketahui bahwa kedua faktor tersebut tidak memberikan kontribusi secara bersamaan pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorSurya, Edy19671019 992031003
Call Number: 510.071 2 Ast p
Keywords: Pembelajaran Penemuan Terbimbing; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4570

Actions (login required)

View Item View Item