Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTSN 3 Langkat

Hasibuan, Zulkifli (2021) Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTSN 3 Langkat. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8214081007 COVER.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text
2. NIM. 8214081007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (900kB)
[img] Text
3. NIM. 8214081007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text
4. NIM. 8214081007 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
5. NIM. 8214081007 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text
6. NIM. 8214081007 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (142kB)
[img] Text
7. NIM. 8214081007 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
8. NIM. 8214081007 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
9. NIM. 8214081007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text
13. IM. 8214081007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text
14. IM. 8214081007 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (331kB)

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa antara perlakuan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran direct instruction dengan minat belajar tinggi; (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa antara perlakuan model pembelajaran inkuiri dan model pembelajaran direct intruction dengan minat belajar rendah; (3) Untuk mengetahui interaksi pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa. Penelitian ini tergolong penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini akan dilaksanakan di MTSN 3 Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTSN 3 Langkat tahun pelajaran 2021/2022. Dari hasil temuan penelitian diperoleh bahwa untuk hasil belajar matematika terhadap minat belajar tinggi diperoleh nilai signifikan hasil belajar terhadap minat belajar tinggi 0,003 < 0.05, untuk hasil belajar matematika terhadap minat belajar rendah diperoleh nilai signifikan hasil belajar terhadap minat belajar rendah 0,431 > 0.05 dan untuk hasil belajar matematika berdasarkan minat belajar dengan kelas pengajaran memiliki sig. 0,027 < 0.05 yang artinya terdapat interaksi antara keduanya. Hal tersebut berarti Terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran direct instruction dengan minat belajar yang diterapkan secara bersamaan mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAsmin, nidn0004085705
Thesis advisorSumarno, nidn0020036305
Call Number: 513.207 2 Has p
Keywords: model pembelajaran inkuiri; hasil belajar; minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45577

Actions (login required)

View Item View Item