PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN TANJUNG PURA

Febriyanni, Rani (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN TANJUNG PURA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136171044 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136171044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136171044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136171044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136171044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136171044 TABLES.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136171044 ILLUSTRATIO.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136171044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136171044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136171044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136171044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (793kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik yang valid dan efektif, beserta seluruh instrumen penelitian yang terkait dengan penerapan perangkat tersebut dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bangun ruang prisma untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama adalah pengembangan perangkat pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dengan mengacu pada model pengembangan perangkat pembelajaran menurut Thiagarajan, Semmel dan Semmel yaitu model 4-D (four D models). Tahap kedua adalah implementasi perangkat pembelajaran yang dianggap sudah layak. Rancangan dalam ujicoba menggunakan one-group posttest-only design. Temuan hasil penelitian yakni: 1) perangkat pembelajaran yang dihasilkan, berupa: rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, buku siswa, lembar kegiatan siswa, tes pemahaman konsep, dan skala disposisi matematis telah memenuhi kriteria baik/valid; 2) keefektifan perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (i) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada uji coba I sebesar 85,71% dan pada uji coba II sebesar 90%, (ii) ketercapaian tujuan pembelajaran pada uji coba I tidak tercapai pada soal no 4 dan soal no 5 dan pada uji coba II tercapai pada setiap butir soal, (iii) ketercapaian waktu ideal pada uji coba I dan uji coba II adalah ideal; 3) respons siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran adalah positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasruddin, 196312311991031030
Thesis advisorKarnasih, Ida195009141979032002
Call Number: 510.071 2 Feb p
Keywords: perangkat pembelajaran; pendekatan matematika realistik; model pengembangan 4-d;kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4552

Actions (login required)

View Item View Item