Pengemasan Video Tari Kreasi Nias Menggunakan Metode Komtal Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di SLB-E Negeri Pembina Medan

Lubis, Ida Rama Sepxena (2021) Pengemasan Video Tari Kreasi Nias Menggunakan Metode Komtal Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Di SLB-E Negeri Pembina Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM 2163341004 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text
2. NIM 2163341004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
3. NIM 2163341004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
4. NIM 2163341004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text
5. NIM 2163341004 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text
6. NIM 2163341004 TABLES.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text
7. NIM 2163341004 PICTURES.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text
8. NIM 2163341004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
9. NIM 2163341004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text
13. NIM 2163341004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text
14. NIM 2163341004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengemasan pembelajaran Video Tari Kreasi Nias No Tatema Mbola yang dikemas dalam bentuk VCD Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu di SLB-E Negeri Pembina Medan. Teori yang digunakan dalam pengemasan ini adalah teori langkah-langkah penyusunan/pembuatan media video oleh Djamarah (2010 : 124), yang menuliskan 3 tahapan yaitu : (1) Tahapan perencanaan, (2) Tahap Pelaksanaan, dan (3) Tahapan Evaluasi. Dan menggunakan teori langkah-langkah pengemasan media produk oleh Tjiptono (2010) yang menuliskan 3 tahapan yaitu : (1) Tahap pembuatan rancangan, (2) Tahap Produksi, (3) Tahap Uji Coba. Hermin Ratih H dan Rr Amanda Pasca Rini (2015:78) mengemukakan bahwa kemampuan anak tunarungu dalam berbahasa dan berbicara berbeda dengan anak normal pada umumnya karena kemampuan tersebut sangat erat kaitannya dengan kemampuan mendengar, dan ketunarunguan dapat menyebabkan keterasingan dengan lingkungan, tetapi pada dasarnya intelegensi anak tunarungu tidak berbeda dengan anak normal. Freeman, Roger D (1981:147) “Komunikasi total merupakan suatu pendekatan lain yang lebih spesifik dalam pendidikan anak tunarungu.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Tempat dan waktu penelitian dua lokasi yakni Gedung Sport Center Sumut dan di SLB-E Negeri Pembina Medan. Populasi yang didapat adalah SLB-E Negeri Pembina Medan, Tari No Tatema Mbola, peraga juru bahasa isyarat tunarungu, penari mahasiswa/i Pendidikan Sendratasik Prodi Tari angkatan 2016, ahli materi, ahli media, guru. Dan sampel yang diambil dari keseluruhan populasi yaitu Juru Bahasa Isyarat Tunarungu, dan penari. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket uji ahli materi dan uji ahli media dengan skor untuk uji ahli materi sangat baik 4,75 dan skor uji ahli media sangat baik 4,37, artinya materi pembelajaran tari No Tatema Mbola pada media video sangat layak dijadikan materi pembelajaran. Hasil produk media ini dalam bentuk VCD (visual compact disk).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNugrahaningsih, Rr. Ruth Hertami Dyahnidn0013096209
Keywords: Pengemasan Video; Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu; Metode Komtal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC3950 Exceptional children and youth. Special education > LC4001 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature on music > ML3400 Dance music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Feb 2022 11:30
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45438

Actions (login required)

View Item View Item