Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Strategi Wankat-Oreovocz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri 1 Manyak Payed

Munawarah, Nurul (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Strategi Wankat-Oreovocz Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri 1 Manyak Payed. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8166172047 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text
2. NIM. 8166172047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text
3. NIM. 8166172047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (299kB)
[img] Text
4. NIM. 8166172047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
5. NIM. 8166172047 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text
6. NIM. 8166172047 TABELS.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text
7. NIM. 8166172047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
8. NIM. 8166172047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (926kB)
[img] Text
12. NIM. 8166172047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
13. NIM. 8166172047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (451kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif yang dikembangkan melalui strategi Wankat-Oreovocz, (2) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz, (3) menganalisis peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz, (4) menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Manyak Payed. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa buku siswa, lembar kerja peserta didik, tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan angket self-efficacy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui strategi Wankat-Oreovocz valid, praktis, dan efektif, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz meningkat pada tahap penyebaran, (3) peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz meningkat pada tahap penyebaran, (4) hasil analisis kesalahan siswa ditinjau dari Newman Error Analysis (NEA) diperoleh bahwa dari 46 total kesalahan, terdapat 5 kesalahan pada aspek pemahaman, 12 kesalahan pada aspek transformasi, 15 kesalahan pada aspek keterampilan proses, dan 14 kesalahan pada aspek kemampuan mengkoding. Sedangkan pada aspek kemampuan membaca, siswa tidak mengalami kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Sahatnidn0005026103
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvisnidn0025126308
Call Number: 510.72 Mun p
Keywords: kemampuan pemecahan masalah matematis; strategi Wankat-Oreovocz; self-efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44968

Actions (login required)

View Item View Item