HALIMATUSSAKDIAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161111034_COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. NIM. 1161111034_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (687kB) | Preview
3. NIM. 1161111034_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 1161111034_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (664kB) | Preview
5. NIM. 1161111034_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (478kB) | Preview
6. NIM. 1161111034_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM. 1161111034_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
8. NIM. 1161111034_BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 1161111034_BAB V.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. NIM. 1161111034_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah sebagai salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang malas belajar dan tidak
adanya interaksi antara guru dan siswa sehingga banyak siswa yang tidak mampu dalam memahami pembelajaran di dalam kelas. Dari 28 siswa hanya 36% atau 10 siswa yang nilainya diatas KKM(Kriteria Ketuntasan Minimum) dan 64% atau 18 siswa lainnya masih dibawah KKM(Kriteria Ketuntasan Minimum).
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 28 siswa SDN 107400 Bandar Khalipah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan observasi untuk menjaring hasil dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan realibilitas tes. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian model
pembelajaran kooperatif tipe scramble. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu
uji normalitas. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat, pada data pre-test diperoleh hasil 0,200, post-test diperoleh 0,200 yang berarti nilai keduanya > 0,05
sehingga dapat dinyatakan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya hasil uji homogenitas variabel penelitian diketahui nilai signifikan 0,072
lebih besar dari 0,05 (sig > 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini memiliki varians yang homogen. Kemudian, Uji hipotesis dilakukan dengan uji Paired Sample t Test dengan program SPSS 22 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000, yang berarti bahwa < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 sub tema 1 pembelajaran 3 kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Scramble |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 03:39 |
Last Modified: | 04 Jan 2022 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44208 |