PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020

-, HALIMATUSSAKDIAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 KELAS V SDN 107400 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1161111034_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1161111034_COVER.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1161111034_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1161111034_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1161111034_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1161111034_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1161111034_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1161111034_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (664kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1161111034_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1161111034_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1161111034_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1161111034_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1161111034_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1161111034_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1161111034_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1161111034_BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1161111034_BAB II.pdf] Text
9. NIM. 1161111034_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[thumbnail of 10. NIM. 1161111034_BAB III.pdf] Text
10. NIM. 1161111034_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[thumbnail of 11. NIM. 1161111034_BAB IV.pdf] Text
11. NIM. 1161111034_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[thumbnail of 12. NIM. 1161111034_BAB V.pdf] Text
12. NIM. 1161111034_BAB V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of 13. NIM. 1161111034_DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. NIM. 1161111034_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 14. NIM. 1161111034_LAMPIRAN.pdf] Text
14. NIM. 1161111034_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah sebagai salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang malas belajar dan tidak
adanya interaksi antara guru dan siswa sehingga banyak siswa yang tidak mampu dalam memahami pembelajaran di dalam kelas. Dari 28 siswa hanya 36% atau 10 siswa yang nilainya diatas KKM(Kriteria Ketuntasan Minimum) dan 64% atau 18 siswa lainnya masih dibawah KKM(Kriteria Ketuntasan Minimum).
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 subtema 1 pembelajaran 3 Kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental designs dengan bentuk penelitian one group pretest posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang berjumlah 28 siswa SDN 107400 Bandar Khalipah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda dan observasi untuk menjaring hasil dan aktivitas belajar siswa yang sebelumnya diujicobakan untuk mengetahui validitas dan realibilitas tes. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian model
pembelajaran kooperatif tipe scramble. Sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu
uji normalitas. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat, pada data pre-test diperoleh hasil 0,200, post-test diperoleh 0,200 yang berarti nilai keduanya > 0,05
sehingga dapat dinyatakan bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya hasil uji homogenitas variabel penelitian diketahui nilai signifikan 0,072
lebih besar dari 0,05 (sig > 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa data dalam penelitian ini memiliki varians yang homogen. Kemudian, Uji hipotesis dilakukan dengan uji Paired Sample t Test dengan program SPSS 22 dan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000, yang berarti bahwa < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 sub tema 1 pembelajaran 3 kelas V SDN 107400 Bandar Khalipah T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Scramble
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Jan 2022 03:39
Last Modified: 01 Dec 2025 04:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44208

Actions (login required)

View Item
View Item