Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDIT Permata Firdaus

Manurung, Lenni Hartati (2021) Pengembangan Media Pembelajaran PPKn Berbasis Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDIT Permata Firdaus. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8186182033 COVER.pdf - Published Version

Download (122kB)
[img] Text
2. NIM. 8186182033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
3. NIM. 8186182033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text
4. NIM. 8186182033 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text
5. NIM. 8186182033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text
6. NIM. 8186182033 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text
7. NIM. 8186182033 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
8. NIM. 8186182033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (428kB)
[img] Text
12. NIM. 8186182033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text
13. NIM. 8186182033 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan efektivitas dari media pembelajaran PPKn berbasis cerita bergambar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada Tema 8 Sub Tema 3 tentang keragaman sosial budaya masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian Borg & Gall. Subyek penelitian dilakukan kepada 1 orang guru kelas V dan 25 orang siswa kelas V, serta 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata sebanyak 89,7%, sedangkan ahli media diperoleh skor rata-rata sebanyak 87,9% yang dikategorikan sebagai sangat layak. Sedangkan berdasarkan hasil angket respon siswa skor rata-rata yang diperoleh adalah 87,9% yang berarti kategori sangat baik. Dalam menilai kemampuan siswa, peneliti melakukan pre test dan post test. Dari hasil pre test dan post test dapat diketahui adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu skor rata-rata 54,3 saat pre test menjadi 73,1 saat post test. Berdasarkan kriteria penilaian n-gain score, efektivitas media pembelajaran berbasis cerita bergambar memperoleh nilai 0,41 yang berarti berada dalam rentang 0,3≤g<0,7 digolongkan pada kategori sedang. Hal ini menunjukkan media pembelajaran berbasis cerita bergambar efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorPerangin- angin, Reh Bunganidn0015108002
Thesis advisorEviyanti, Evinidn0003016506
Call Number: 372.6 Man p
Keywords: media pembelajaran; cerita bergambar; kemampuan berpikir kritis
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 31 Dec 2021 09:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44179

Actions (login required)

View Item View Item