ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Gultom, Wenny (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMA NEGERI 1 PANGARIBUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4171141049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4171141049 COVER.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4171141049 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4171141049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4171141049 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4171141049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4171141049 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4171141049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4171141049 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4171141049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4171141049 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4171141049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (745kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4171141049 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4171141049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4171141049 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4171141049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan belajar yang paling dominan dialami, serta mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar biologi pada siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 4 di SMA Negeri 1 Pangaribuan, Tahun Pembelajaran 2020/2021 selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel 71 siswa. Sementara instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus tingkat persentase.
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa jenis kesulitan yang paling dominan dialami siswa selama pembelajaran daring adalah slow leaner dengan persentase sebesar 74,18%. Sedangkan faktor penyebab kesulitan belajar biologi siswa selama pembelajaran daring ada dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal terdiri dari sumber belajar (78,40%), sarana dan prasarana (74,65%), waktu belajar (71,65%), lingkungan keluarga (67,78%), lingkungan masyarakat (59,51%), metode mengajar (72,36%), media pembelajaran (79,11%), relasi siswa dengan guru (77,11%) dan relasi siswa dengan siswa (80,81%). Sementara faktor internalnya adalah intelegensi (76,23%), perhatian (73,77%), minat (69,19%), bakat (95,42 %), motivasi (84,51%) dan psikiatrik (74,65%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 235
Keywords: Pembelajaran daring; Kesulitan belajar; Pembelajaran biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Dec 2021 08:18
Last Modified: 10 Dec 2021 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44029

Actions (login required)

View Item
View Item