EFEK MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBASIS PETA PIKIRAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 BABALAN KABUPATEN LANGKAT T.A 2013/2014

Maulana, Dodi (2014) EFEK MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK BERBASIS PETA PIKIRAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI 1 BABALAN KABUPATEN LANGKAT T.A 2013/2014. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8126176006 Cover.pdf]
Preview
Text
1. 8126176006 Cover.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8126176006 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8126176006 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8126176006 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8126176006 Abstrak.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8126176006 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8126176006 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8126176006 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8126176006 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8126176006 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8126176006 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8126176006 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8126176006 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8126176006 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8126176006 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8126176006 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8126176006 Bab I.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8126176006 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8126176006 Bab V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8126176006 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8126176006 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui signifikansi pengaruh model sinektik berbasis peta pikiran terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui signifikansi pengaruh kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui signifikansi interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara cluster random sampling sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama sebagai kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran sinektik berbasis peta pikiran dan kelas kedua sebagai kelas kontrol diterapkan model pembelajaran sinektik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen hasil belajar fisika dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal dan insrumen kreativitas matematik bentuk uraian sebanyak 8 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran sinektik berbasis peta pikiran lebih baik dari hasil belajar model sinektik. Hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas rendah. Model pembelajaran sinektik berbasis peta pikiran dan kreativitas berinteraksi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 2 Mau e
Keywords: Pembelajaran sinektik; Berpikir kreatif; Peta pikiran; Sistem sosial; Aktivitas metaforis; Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Apr 2016 07:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4393

Actions (login required)

View Item
View Item