EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN INKUIRI YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA

Mellyzar, (2013) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN INKUIRI YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116142013 Judul.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116142013 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116142013 Abstrak.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116142013 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116142013 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116142013 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116142013 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116142013 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116142013 Bab I.pdf - Published Version

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116142013 Bab V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116142013 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) signifikansi strategi pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (2) signifikansi media pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (3) ada tidaknya interaksi antara strategi dengan media pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (4) menentukan model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang menggunakan kurikulum nasional. Adapun yang menjadi sampel 4 kelas eksperimen dari SMA Negeri di Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh. Kelas eksperimen I diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan media berbasis komputer, kelas eksperimen II diajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah dengan praktikum di laboratorium, kelas eksperimen III menggunakan strategi inkuiri dengan praktikum di laboratorium dan kelas eksperimen IV menggunakan strategi inkuiri dengan media berbasis komputer. Teknik analisis data menggunakan Anova dua jalur. Uji hipotesis menggunakan General Linear Model Multivariate dengan SPSS-19. Hasil yang diperoleh adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (2) terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari media terhadap hasil belajar siswa dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari media terhadap kreativitas siswa, (3) terdapat interaksi antara strategi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa, (4) model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah diintegrasikan dengan media komputer, dan model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa adalah model inkuiri diintegrasikan dengan media komputer.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 541.340 712 Mel e
Keywords: Larutan penyangga; Pendidikan karakter; Praktikum; Komputer; Kreativitas; Strategi inkuiri; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item