Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Negeri Cot Meuraja

Fitria, Herlin (2021) Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD Negeri Cot Meuraja. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176182019 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176182019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176182019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176182019 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176182019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176182019 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176182019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176182019 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8176182019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176182019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8176182019 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui perbedaan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan matematik realistik dibandingkan dengan pendekatan konvensional; (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah; dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara pendekatan matematik realistik dan kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan SD Negeri Cot Meuraja. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan pendekatan matematik realistik lebih tinggi dibandingkan dengan pendekatan konvensional (Fhitung = 23,476 dan nilai sig. 0,000 < 0,05); (2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah (Fhitung = 7,673 dan nilai sig. 0,008 < 0,05); dan (3) Terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa (Fhitung = 13,003 dan nilai sig. 0,001 < 0,05).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSurya, Edynidn0019106708
Thesis advisorSimbolon, Naeklannidn0025045706
Call Number: 511.807 2 Fit p
Keywords: Matematika Realistik; Kemandirian Belajar; Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43326

Actions (login required)

View Item View Item