Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Dengan Mengontrol Pengetahuan Awal

Jainab (2021) Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Dengan Mengontrol Pengetahuan Awal. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of NIM. 81774424017 COVER.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 COVER.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 81774424017 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 81774424017 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 81774424017 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 81774424017 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 81774424017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 81774424017 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 81774424017 BAB 1.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 BAB 1.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 81774424017 BAB V.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 BAB V.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of NIM. 81774424017 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
NIM. 81774424017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview

Abstract

Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan, 2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran picture and picture dengan siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran langsung setelah mengontrol pengetahuan awal siswa, (2) Perbedaaan hasil belajar IPA siswa antara yang memiliki kemampuan berpikir divergen dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir konvergen setelah mengontrol pengetahuan awal siswa, (3) Pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir terhadap hasil belajar IPA siswa setelah mengontrol pengetahuan awal siswa, (4) Perbedaaan hasil belajar IPA siswa dengan kemampuan berpikir divergen antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran picture and picture dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran langsung setelah mengontrol pengetahuan awal siswa, (5) Perbedaaan hasil belajar IPA siswa dengan kemampuan berpikir korvergen antara siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran picture and picture dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran langsung setelah mengontrol pengetahuan awal siswa. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa kelas IV SD Negeri Kabanjahe pada mata pelajaran IPA yang dipilih secara random. Teknik analisis data menggunakan ancova dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran picture and picture lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran langsung setelah mengontrol pengetahuan awal, (2) Hasil belajar IPA siswa yang memiliki kemampuan berpikir divergen lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir konvergen setelah mengontrol pengetahuan awal, (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir terhadap hasil belajar IPA siswa setelah mengontrol pengetahuan awal, (4) Hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran picture and picture lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran langsung, pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir divergen, setelah mengontrol pengetahuan awal, (5) Hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran langsung lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran picture and picture, pada siswa yang memiliki kemampuan berpikir konvergen, setelah mengontrol pengetahuan awal.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 371.36 Jai p
Keywords: Strategi Pembelajaran, Kemampuan Berpikir, Pengetahuan Awal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:11
Last Modified: 10 Sep 2021 02:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43278

Actions (login required)

View Item
View Item