Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Resiliensi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Jigsaw Pada Siswa SMP

Novianti, Desy Ayu (2021) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Resiliensi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dan Jigsaw Pada Siswa SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8176171004 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8176171004 COVER.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8176171004 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8176171004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8176171020 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8176171020 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8176171004 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8176171004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8176171004 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8176171004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8176171004 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8176171004 TABLES.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8176171004 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8176171004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8176171004 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8176171004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8176171004 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8176171004 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8176171004 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8176171004 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8176171004 BIBLIGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8176171004 BIBLIGRAPHY.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, (2) untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan resiliensi matematis antara siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan (3) untuk mendeskripsikan proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah pada kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw. Subjek penelitian seluruh siswa kelas VII di SMP Swasta Al-Hikmah Medan yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket resiliensi matematis.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) berdasarkan hasil analisis inferensial, diperoleh harga thit = 4,360 dan berdasarkan tabel t untuk α = 0,05, df = 57 diperoleh ttab= 1,672, sehingga thit > ttab = 4,360 > 1,672 dan p-value/2 < α = 0 < 0,05, ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian, kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw setelah mengontrol pretes, (2) berdasarkan hasil analisis inferensial, diperoleh harga thit = 2,815 dan berdasarkan tabel t untuk α = 0,05, df = 57 diperoleh ttab= 1,672, sehingga thit > ttab = 2,815 > 1,672 dan p-value/2 < α = 0,0035 < 0,05, ini berarti H0 ditolak. Dengan demikian, kemampuan resiliensi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw setelah mengontrol Angket-I, (3) Proses penyelesaian jawaban siswa dalam menyelesaikan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis pada model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD lebih baik daripada proses jawaban siswa pada pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.807 2 Nov p
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Contextual Teaching and Learning; Macromedia Flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:41
Last Modified: 09 Sep 2021 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43249

Actions (login required)

View Item
View Item