PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 6 PEMATANG SIANTAR

Mayasari, Dian (2014) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 6 PEMATANG SIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126171004 Judul.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126171004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126171004 Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126171004 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126171004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126171004 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126171004 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126171004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126171004 Bab I.pdf - Published Version

Download (857kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126171004 Bab V.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126171004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended yang baik untuk topik segitiga di kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar, mendeskripsikan efektifitas pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended untuk topik segitiga di kelas VII SMP Negeri Pematangsiantar, dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Bahan ajar dikatakan baik jika setelah divalidasi dan dilakukan uji coba, memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan, yaitu untuk tiap pertemuan harus memenuhi: aktivitas siswa dalam pembelajaran berada pada batas toleransi waktu ideal, kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal cukup baik, respon siswa terhadap perangkat pembelajaran positif, dan tes hasil belajar valid, reliabel, dan sensitif. Selanjutnya, pendekatan open ended efektif jika hasil belajar siswa tuntas, kemampuan guru mengelola pembelajaran minimal cukup baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran efektif, dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran positif.Pengembangan perangkat pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan, dkk yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari tiga tahap, yaitu: pendefinisisian, perancangan, dan pengembangan. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa bahan ajar menggunakan pendekatan open ended berdasarkan validasi dari para validator dengan nilai rata-rata untuk buku guru 4,15 untuk RPP dengan rata-rata 4,26 pengelolahan pembelajaran dengan skor rata-rata 3,94 dikatakan praktis, aktivitas siswa telah memenuhi kriteria efektif dan dikatakan praktis, ketuntasan belajar siswa mencapai 80% dan dikatakan efektif, respon siswa mencapai 90% dan dikatakan efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar dengan menggunakan pendekatan open ended pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 6 Pematangsiantar adalah valid, praktis dan efektif. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematis telah terjadi peningkatan dengan persentase gain 61%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Thesis advisorRajagukguk, Waminton196102051988031003
Call Number: 510.071 2 May p
Keywords: Pemecahan masalah; Bahan ajar; Open ended; Masalah matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item