Efektivitas Teknik Collaborative Writing terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Ulang Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Damanik, Melila Sanda (2020) Efektivitas Teknik Collaborative Writing terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Ulang Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2163311021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2163311021 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2163311021 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2163311021 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (651kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2163311021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2163311021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2163311021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2163311021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2163311021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2163311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2163311021 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2163311021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2163311021 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2163311021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2163311021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2163311021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2163311021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2163311021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 2163311021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2163311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas teknik collaborative writing terhadap kemampuan menulis teks cerita ulang biografi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan tahun pembelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah kelas X Mia-3 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan X Mia-4 yang berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol yang diambil melalui teknik simple random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Dalam penelitian ini kelas kontrol diberi tugas menulis teks cerita ulang biografi sesudah menggunakan model pembelajaran ekspositori, dan kelas eksperimen diberi tugas menulis teks cerita ulang biografi sesudah menggunakan teknik collaborative writing. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) Kelompok Kontrol memiliki nilai rata-rata 55,43 dengan standar deviasi 14,96 termasuk dalam kategori cukup; dan 2) Kelompok Eksperimen memiliki niai rata-rata 80 dengan standar deviasi 16,71 termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya hasil perhitungan uji hipotesis dengan tabel t dengan taraf signifikan α = 0,05 dengan df = N-1, df = 35-1 = 34 pada taraf nyata α = 5% maka ttabel = 2,032. Dikarenakan thitung > ttabel yaitu 6,16> 2,032, sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa teknik collaborative writing efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks cerita ulang biografi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kualuh Selatan tahun pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: teknik collaborative writing; menulis teks cerita ulang biografi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Sep 2021 14:23
Last Modified: 09 Sep 2021 14:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43136

Actions (login required)

View Item
View Item