Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metakognisi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa

Yanti, Silvia (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Metakognisi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176172048 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176172048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176172048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176172048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176172048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176172048 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176172048 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176172048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8176172048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176172048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: : (1) kevalidan bahan ajar berdasarkan validator ahli; (2) kepraktisan bahan ajar berdasarkan validator ahli dan praktisi, serta berdasarkan keterlaksanaan bahan ajar; (3) keefektivan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan; 4) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar dengan pendekatan metakognisi; 5) Mendeskripsikan perubahan kebiasaan berpikir siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran melalui pendekatan metakognisi dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey dan tahap kedua mengujicobakan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi yang dikembangkan di kelas VIII-1 dan VIII-4 MTs Hifzhil Qur’an Medan. (1) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid berdasarkan penilaian validator ahli; (2) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis berdasarkan penilaian validator ahli dan praktisi, serta keterlaksanaan bahan ajar; (3) bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif yaitu pembelajaran tuntas secara klasikal, respon siswa positif, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (4) pada uji coba I terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan kategori rendah, yaitu sebesar 0,24 dan pada uji coba II terjadi peningkatan kemampuan penalaran matematis menggunakan bahan ajar yang dikembangkan dengan kategori sedang, yaitu sebesar 0,52; dan (5) terjadi perubahan kebiasaan berpikir siswa yaitu pada uji coba I sebesar 0,28 dengan kategori rendah dan pada uji coba II menjadi 0,41 pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, Muhammad Aminnidn0029066404
Thesis advisorMulyono, nidn0031127112
Call Number: 510.72 Yan p
Keywords: Bahan Ajar; model pengembangan Dick & Carey; pendekatan metakognisi; kemampuan penalaran; kebiasaan berpikir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jul 2021 06:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43061

Actions (login required)

View Item View Item