Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Berbasis Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing

Siallagan, Fernanda (2021) Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Berbasis Metakognisi Siswa dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8176172017 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8176172017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8176172017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8176172017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8176172017 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8176172017 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8176172017 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8176172017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8176172017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8176172017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) tingkat kemampuan penalaran matematis berbasis metakognisi siswa dalam pembelajaran penemuan terbimbing; (2) deskripsi proses jawaban kemampuan penalaran matematis berbasis metakognisi siswa dalam pembelajaran penemuan terbimbing; (3) kesulitan proses bernalar matematis berbasis metakognisi siswa dalam pembelajaran penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Parulian 1 Medan kelas VII-1 yang berjumlah 28 orang, kemudian diangkat untuk subjek wawancara berdasarkan tingkat kemampuan penalaran serta tingkat metakognisi siswa berdasarkan proses jawaban siswa dilihat dari indikator dan aspek kesalahan. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) terdapat 6 siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis kategori tinggi dengan tingkat metakognisi reflective use berjumlah 2 siswa dan tingkat metakognisi strategic use berjumlah 4 siswa; terdapat 13 siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis kategori sedang dengan tingkat metakognisi strategic use berjumlah 9 siswa dan tingkat metakognisi aware use berjumlah 4 siswa; terdapat 9 siswa yang memiliki tingkat kemampuan penalaran matematis kategori rendah dengan tingkat metakognisi aware use berjumlah 6 siswa dan tingkat metakognisi tacit use berjumlah 3 siswa; (2) proses jawaban siswa dideskripsikan maka disimpulkan bahwa: a) tingkat penalaran siswa pada kategori tinggi adalah nominan siswa menyelesaikan masalah mencapai indikator penalaran dengan sedikit mengalami kesulitan dengan penggunaan metakognisi tingkat reflektif dan strategis. b) tingkat penalaran siswa pada kategori sedang adalah nominan siswa menyelesaikan masalah tidak mencapai keseluruhan indikator penalaran dan mengalami kesulitan, dengan penggunaan metakognisi tingkat strategis dan kesadaran rendah. c) tingkat penalaran siswa pada kategori rendah adalah nominan siswa menyelesaikan masalah hanya dengan menyelesaikan satu cara penyelesaian dan tidak mampu mencapai indikator penalaran dengan penggunaan pemikiran dengan kesadaran rendah dan tanpa kesadaran; (3) analisis kesulitan kemampuan penalaran berbasis metakognisi dalam pembelajaran penemuan terbimbing yaitu : a) pada kategori tinggi, siswa tidak mengalami kesulitan. b) Pada kategori sedang, siswa mengalami kesulitan dalam prinsip dan prosedur. c) Pada kategori rendah memiliki kesulitan dalam fakta, konsep, prinsip dan prosedur.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornoknidn0010096506
Thesis advisorRajagukguk, Wamintonnidn0005106113
Call Number: 510.72 Sia a
Keywords: Penalaran Matematis; Metakognisi; Penemuan Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jul 2021 06:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43060

Actions (login required)

View Item View Item