Pengaruh Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Angreini, Tania (2020) Pengaruh Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2161111044 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2161111044 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2161111044 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2161111044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2161111044 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2161111044 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2161111044 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2161111044 PREFACE.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2161111044 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2161111044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2161111044 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2161111044 TABLES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2161111044 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2161111044 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2161111044 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2161111044 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (730kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2161111044 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2161111044 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2161111044 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2161111044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan jumlah populasi 145 siswa. Sampel yang diambil adalah kelas VIII- 4 berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen dengan tipe tes awal – tes akhir kelompok tunggal (the one group pre-test and post-test). Hasil pertama yang diperoleh dari nilai rata-rata pre-test siswa yaitu sebesar 64,33 termasuk kategori cukup dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan pihak sekolah sebesar 75, sedangkan hasil kedua yaitu nilai rata-rata post-test siswa yaitu sebesar 85,64 dengan kategori sangat baik dan telah memenuhi standar KKM. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh data berdistribusi normal. Setelah dilakukan perhitungan uji normalitas Lhitung<Ltabel pada taraf signifikan, hasil uji normalitas data pre-test adalah (0,1263< 0,1476), hasil uji normalitas data post-test adalah (0,1353< 0,1476). Hasil uji homogenitas kemampuan menulis teks persuasi siswa adalah Fhitung < Ftabel yakni 3,62< 4,13 dan uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 12,91> 2,030 sehingga hipotesis hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil ketiga penggunaan teknik clustering memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII SMP Bina Satria Medan tahun pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: teknik; clustering; kemampuan; menulis; teks; persuasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 28 Jul 2021 05:24
Last Modified: 28 Jul 2021 05:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43039

Actions (login required)

View Item
View Item