Pengaruh Strategi Group Mapping Activity (GMA) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Asyifa, Dinda Delfi (2020) Pengaruh Strategi Group Mapping Activity (GMA) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Teks Eksplanasi Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2163111010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2163111010 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2163111010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2163111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2163111010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2163111010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2163111010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2163111010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2163111010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2163111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2163111010 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2163111010 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2163111010 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2163111010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2163111010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2163111010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 2163111010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 2163111010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 13 . NIM. 2163111010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13 . NIM. 2163111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Group Mapping Activity (GMA) terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 37 medan tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 berjumlah 254 siswa. Dari 254 siswa, ditetapkan sebanyak 30 siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi sebelum menggunakan strategi Group Mapping Activity (GMA) tergolong dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 58,750 sedangkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi teks eksplanasi sesudah menggunakan strategi Group Mapping Activity (GMA) tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 84,17. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukan thitung < ttabel yaitu 5,79> 2,042, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh strategi Group Mapping Activity (GMA) terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi kelas VIII SMP Negeri 37 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: group mapping activity (GMA); teks eksplanasi; SMP Negeri 37 Medan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 26 Jul 2021 05:56
Last Modified: 26 Jul 2021 05:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/43029

Actions (login required)

View Item
View Item