Pengaruh Penerapan Enam Tugas Dalam kurikulum KKNI Terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa Stambuk 2017,Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan

Saragih, Jeni Carolina (2020) Pengaruh Penerapan Enam Tugas Dalam kurikulum KKNI Terhadap Berpikir Kritis Mahasiswa Stambuk 2017,Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3163111019 COVER.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3163111019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3163111019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3163111019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3163111019 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3163111019 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3163111019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3163111019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3163111019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan enam tugas dalam kurikulum KKNI (Kerangka Kwalifikasi Nasional Indonesia) terhadap berpikir kritis mahasiswa stambuk 2017 jurusan PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini yaitu 100 mahasiswa jurusan PPKN stambuk 2017 dan sampel ditentukan melalui teknik random sampling (sampel acak) sebanyak 30% dari populasi. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kolerasi yakni metode alat uji statistik untuk menguji hipotesis asosiatif (uji hubungan) dua variabel. Lokasi penelitian di Jurusan PPKn, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Medan, Jalan Willem Iskandar, Kenanga Baru, Medan. Dalam penelitian ini digunakan alat pengumpulan data yaitu angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Pengolahan data digunakan dengan menggunakan rumus Product Moment. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara penerapan enam tugas dalam kurikulum KKNI terhadap berpikir kritis mahasiswa. Dengan hasil nilai rhitung sebesar 0,611 menandakan bahwa adanya korelasi yang kuat dari kedua variabel tersebut dan apabila di hubungan dengan nilai rtabel pada signifikan 5% dengan N=30 adalah 0,361 maka dapat juga disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara variabel X (Penerapan Enam Tugas dalam Kurikulum KKNI) terhadap variabel Y (Berpikir Kritis Mahasiswa). Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSetiawan, Denynidn0008036812
Call Number: 2020-PKN-044
Keywords: Pengaruh; enam tugas KKNI; berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42714

Actions (login required)

View Item View Item