PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATERI SEL KELAS XI IPA SMA SWASTA YAPIM BIRU-BIRU T.P 2019/2020

Sahilda, Narosmita (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN TIPE JIGSAW PADA MATERI SEL KELAS XI IPA SMA SWASTA YAPIM BIRU-BIRU T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4133341058 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4133341058 COVER.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133341058 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133341058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4133341058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4133341058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133341058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133341058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4133341058 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4133341058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133341058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133341058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4133341058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4133341058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133341058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133341058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan tipe Jigsaw pada materi sel kelas XI IPA SMA Swasta Yapim Biru-Biru T.P 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sampel diambil secara total sampling dan diperoleh sampel untuk kelas Two Stay Two Stray (XI IPA-1) sebanyak 32 orang dan untuk kelas Jigsaw (XI IPA-2) sebanyak 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray adalah 74,46 lebih besar dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yaitu 70,12. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t (uji dua pihak) pada taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan nilai t¬hitung > ttabel (2,11 > 1,99) maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan tipe Jigsaw pada materi sel kelas XI IPA SMA Swasta Yapim Biru-Biru T.P 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 BIO 151
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Sel; Jigsaw; Two stay two stray; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Jun 2021 23:11
Last Modified: 16 Jun 2021 23:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42555

Actions (login required)

View Item
View Item