PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH-24 AEKKANOPAN

Rohani, (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIKA SISWA SMP MUHAMMADIYAH-24 AEKKANOPAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116172017 Judul.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116172017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116172017 Abstrak.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116172017 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116172017 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116172017 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116172017 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116172017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116172017 Bab I.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116172017 Bab V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116172017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menemukan perangkat pembelajaran matematika Realistik yang efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa (2) Mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi metematika siswa dalam Pendekatan Matematika Realistik siswa. Jenis pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan model 4-D (Four D Model ) yang dikemukakan Thiagarajan ,Semmel dan Semmel. Keempat tahap tersebut adalah tahap pendefenisian ( define ), tahap rancangan ( design ), tahap pengembangan ( develop ) dan tahap penyebaran ( disseminate ). Perangkat pembelajaran matematika realistik berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa LAS. Perangkat pembelajaran berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar aktivitas siswa (LAS) dan instrumen pembelajaran di validasi oleh para ahli sebelum di uji cobakan. Uji coba perangkat pembelajaran dua kali uji coba yaitu uji coba I dilakukan pada siswa kelas VIIIA dan setelah di peroleh hasilnya tidak tuntas, dan dilakukan perbaika maka dilakukan uji coba kedua pada kelas VIIIB SMP Muhammadiyah-24 Aekkanopan. Hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal berikut: (1)Efektivitas perangkat pembelajaran disimpulkan berdasarkan pada: (a) Ketuntasan klasikal pada uji coba I adalah 76,67 dan uji coba II adalah sebesar 86,67 (b) Ketercapaian indikatornya efektif (2) Hasil uji coba perangkat kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat terhadap perangkat yang telah di kembangkan pada uji coba I dengan gain 0,49 dan pada uji coba II dengan gain 0,59. Serta disposisi matematika siswa pada uji caba I gainnya adalah (0,26) dan pada uji coba II gainnya (0,39).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Thesis advisorKarnasih, Ida195009141979032002
Call Number: 510.071 2 Roh p
Keywords: Perangkat pembelajaran; Pemecahan masalah; Disposisi matematika; Matematika realistik; Sistem instruksional
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4223

Actions (login required)

View Item View Item