IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN KELAS X OTKP SMKS PAB 2 HELVETIA T.P 2019/2020

SIREGAR, SUWANDI (2020) IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN KELAS X OTKP SMKS PAB 2 HELVETIA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.7161144041_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.7161144041_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7161144041_LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7161144041_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview
[thumbnail of 3._NIM._7161144041_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3._NIM._7161144041_KATA_PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7161144041_ ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7161144041_ ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7161144041_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7161144041_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7161144041_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7161144041_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7161144041_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7161144041_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 716114041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 716114041_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7161144041_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7161144041_BAB I.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7161144041_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7161144041_BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7161144041_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7161144041_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan Interaktif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia yang beralamat di Jl. Veteran Psr. IV, Helvetia.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X OTKP SMK PAB 2 Helvetia yang berjumlah sebanyak 155 siswa, pengambilan sampel yaitu Sampel Random Sampling yaitu menggunakan kelas X OTKP 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, pretest dan postest. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini akan diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t.
Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar pada saaat Pretest dan Posttest berdistribusi normal (sig.>0,05) dan homogen (sig.>0,05). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa diperoleh thitung 27,272 dengan sig.0,000, dalam kasus ini hipotesis penelitian menerima H0 dan menolak Ha. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Implikasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Interaktif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas X OTKP SMKS PAB 2 Helvetia T.P 2019 / 2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Pendekatan Interaktif , Hasil Belajar Kearsipan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 24 May 2021 21:51
Last Modified: 24 May 2021 21:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42229

Actions (login required)

View Item
View Item