Resien, (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Berpikir Kreatif Siswa Terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan Mengontrol Pengetahuan Awal. Doctoral thesis, UNIMED.
|
Text
01. NIM 8174424021 COVER.pdf - Published Version Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
02. NIM 8174424021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (662kB) | Preview |
|
|
Text
03. NIM 8174424021 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
04. NIM 8174424021 PREFACE.pdf - Published Version Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
05. NIM 8174424021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
06. NIM 8174424021 LIST OF TABLE.pdf - Published Version Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
07. NIM 8174424021 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
08. NIM 8174424021 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
09. NIM 8174424021 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (855kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM 8174424021 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
14. NIM 8174424021 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (841kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) keunggulan strategi pembelajaran blended learning dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (2) interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar TIK setelah mengontrol pengetahuan awal; (3) perbedaan siswa yang memiliki berpikiran kreatif tinggi dibelajarkan dengan strategi pembelajaran blended learning akan memperoleh hasil belajar TIK lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajarna ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (4) perbedaan siswa yang memiliki kemampuan berpikiran kreatif rendah dibelajarkan dengan strategi pembelajaran blended learning akan memperoleh hasil belajar TIK siswa lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah 60 orang orang siswa SMA kelas 11 IPS yang sedang mengikuti mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Tahun Pelajaran 2016/2017 Semester tiga yang dipilih secara random. Teknik analisis data menggunakan ANAKOVA dua jalur pada taraf signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran BL lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (2) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar TIK setelah mengontrol pengetahuan awal; (3) untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran BL lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori setelah mengontrol pengetahuan awal; (4) untuk kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah, hasil belajar TIK antara kelompok siswa yang dibelajarkan strategi pembelajaran ekspositori lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran BL setelah mengontrol pengetahuan awal. Berdasarkan hasil penelitian ini maka untuk meningkatkan hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa dilakukan dengan menerapkan strategi pembelajaran BL dengan memperhatikan karakteristik siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 371.36 Res p | |||||||||
Keywords: | blended learning; ekspositori, berpikir kreatif; pengetahuan awal | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan (S3) | |||||||||
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah | |||||||||
Date Deposited: | 23 May 2021 19:28 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42221 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |