Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif Dan Sikap Percaya Diri Siswa

Mnaik, Christian Pranata (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif Dan Sikap Percaya Diri Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM. 8156171041 COVER .pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156171041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156171041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156171041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156171041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156171041 TABLES.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156171041 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156171041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8156171041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156171041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan sikap percaya diri siswa (self confidence) yang valid, praktis dan efektif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Medan semester genap tahun ajaran 2019/2020, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, materi segi empat yang dikembangkan. Tahapan penelitian ini adalah Tahapan penelitian ini adalah tahapan analisis, tahap perencanaan (design). Tahap pengembangan (develop) dan tahap uji coba (valiadasi).Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Validitas Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan termasuk kategori valid, dengan nilai rata-rata dari para ahli diperoleh: RPP (4,565) ;Buku Guru (4,475);Buku Siswa (4,508) ; Lembar Kerja Siswa (4,474); (2) Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan temasuk kategori praktis dengan penilaian para ahli diperoleh bahwa: pada uji coba I sebesar 4,10 (sangat tinggi/ praktis) dan pada uji coba II sebesar 4,3 (sangat tinggi/ praktis); reliabilitas instrument perangkat pada uji coba I sebesar 98,53 (baik) dan pada uji coba II sebesar 98,20 (baik). (3) Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Bornoknidn0010096506
Thesis advisorMansyur, Abilnidn0006097205
Call Number: 510.72 Man p
Keywords: Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning; Pendekatan Saintifik; Kemampuan Bepikir Kreatif; Sikap Percaya Diri Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 29 Apr 2021 03:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41991

Actions (login required)

View Item View Item