PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW II, STAD DENGAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN MAHASISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT, DAN MENJAWAB PERTANYAAN ANALISIS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN

Darwis, Muhammad (2013) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW II, STAD DENGAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN MAHASISWA MENGEMUKAKAN PENDAPAT, DAN MENJAWAB PERTANYAAN ANALISIS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809735010 Judul.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809735010 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809735010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809735010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809735010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809735010 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809735010 Bab I.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) pada mahasiswa semester 4 Tahun Pembelajaran 2012/2013, bertujuan untuk mengetahui: (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw II, STAD, dan konvensional; (2) terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa menjawab pertanyaan analisis yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw II STAD, dan konvensional; dan (3) terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan pendapat yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw II, STAD, dan konvensional pada materi struktur dan perkembangan tumbuhan. Sampel penelitian ini seluruh populasi penelitian yang berjumlah 104 mahasiswa pada 3 kelas. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar mahasiswa dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 30 soal, tes kemampuan mahasiswa menjawab pertanyaan analisis berjumlah 12 soal, dan lembar observasi kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan pendapat yang berjumlah 5 pernyataan. Metode penelitian ini bersifat kuasi eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan analisis varians (anava) pada taraf signifikansi = 0,05. Karena terdapat interaksi antar variabel maka analisis dilanjutkan dengan uji Tukey Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif jigsaw II, kooperatif STAD dan konvensional (F = 4,353; Sig. = 0,015); (2) terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa menjawab pertanyaan analisis yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif jigsaw II, kooperatif STAD dan konvensional (F = 6,595; Sig. = 0,002); dan (3) terdapat perbedaan kemampuan mahasiswa dalam mengemukakan pendapat yang dibelajarkan dengan pembelajaran kooperatif jigsaw II, kooperatif STAD dan konvensional (F = 4,668; Sig. = 0,012) pada materi struktur dan perkembangan tumbuhan di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa model pembelajaran kooperatif baik itu Jigsaw II dan STAD merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa serta menjawab pertanyaan analisis pada materi struktur dan perkembangan tumbuhan. Dengan pembelajaran kooperatif (Jigsaw II dan STAD) dapat membantu mahasiswa menguasai suatu konsep, memecahkan suatu masalah melalui suatu proses yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berpikir, percaya kepada diri sendiri dan berani mengemukakan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101007
Thesis advisorHarahap, Fauziyah196607281991032002
Call Number: 580.071 1 Dar p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Kooperatif jigsaw II; Pembelajaran konvensional; Mengemukakan pendapat Pertanyaan analisis; Tumbuhan
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item View Item