Silalahi, Gresia Br. (2020) Hubungan Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Guru dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Patumbak. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7163144014 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM 7163144014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
3. NIM. 7163144014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 7163144014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
5. NIM 7163144014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
6. NIM. 7163144014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. NIM 7163144014 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 7163144014 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 7163144014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM 7163144014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
14. NIM 7163144014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Guru dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Patumbak. Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Guru merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Namun, Komunikasi Interpersonal tersebut tidak dapat berjalan dengan baik tanpa adanya strategi yang benar oleh guru.
Populasi penelitian ini adalah siswa/siswi OTKP Kelas X di SMK Negeri 1 Patumbak dengan jumlah sampel 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan penyebaran angket, dan dokumentasi. Angket yang disebarkan sebanyak 20 item untuk angket Komunikasi Interpersonal dan 20 item untuk angket Keaktifan Belajar. Sebelum angket diberikan kepada sampel terlebih dahulu angket tersebut di uji cobakan untuk melihat tingkat validitas dan reliabilitas. Uji asumsik klasik yang dilakukan adalah uji normalitas, linieritas dan multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial (uji-t), uji hipotesis secara simultan (uji-f) dan uji determinasi (R2).
Dari hasil analisis data dengan regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 69,496+ 0,127 X1 + 0,083 X2, uji-t pada variabel (X1) diperoleh thitung > ttabel = (3,526 > 1,684) dan variabel (X2) memperoleh thitung > ttabel = (3,338 > 2,00), sedangkan uji-F menghasilkan nilai Fhitung > Ftabel (63,031 > 3,23). Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R square sebesar 0,807 yang berarti Komunikasi Interpersonal Siswa dengan Guru dan keaktifan Belajar memiliki hubungan sebesar 87% terhadap Hasil Belajar Korespondensi di SMK Negeri 1 Patumbak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Komunikasi Interpersonal; Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5900 Correspondence schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 07:39 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41550 |