Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis

Marpaung, Rotua Veronika (2021) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Scientific Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.COVER NIM 8166175019.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 APPROVAL SHEET NIM 8166175019.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK NIM 8166175019.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PREFACE NIM 8166175019.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 TABLE OF CONTENTNIM 8166175019.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 TABLE NIM 8166175019.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ILUSTRATION NIM 8166175019.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. APENDICS NIM 8166175019..pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. CHAPTER I NIM 8166175019..pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. CHAPTER V NIM 8166175019..pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BIBLIOGRAPHY NIM 8166175019..pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar berbasis scientific inquiry yang dikembangkan dapat meningkatkan respon peserta didik dan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Bahan ajar Fisika yang dikembangkan dan tes keterampilan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA IV SMA Negeri 4 Pematang Siantar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan desain, penilaian guru fisika dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis scientific inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis scientific inquiry telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis scientific inquiry sebesar 0,53 kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Nurdinnidn0018046408
Thesis advisorSirait, Makmurnidn0006036305
Call Number: 530.072 Mar p
Keywords: bahan ajar; kurikulum; siswa; berfikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41433

Actions (login required)

View Item View Item