EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS KETERAMPILAN EKSPERIMEN LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SISWA PADA HUKUM NEWTON DI SMAN 4 TEBING TINGGI

Sianipar, Elfi Carolina (2013) EFEK MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBASIS KETERAMPILAN EKSPERIMEN LABORATORIUM TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SISWA PADA HUKUM NEWTON DI SMAN 4 TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106176008 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106176008 Judul.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106176008 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106176008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106176008 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106176008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106176008 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106176008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106176008 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106176008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106176008 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106176008 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106176008 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106176008 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106176008 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106176008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106176008 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106176008 Bab I.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106176008 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106176008 Bab V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106176008 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106176008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan keterampilan laboratorium dan Model DI terhadap peningkatan kemampuan generik sains siswa pada materi hukum Newton.(2). Adanya pengaruh kelompok keterampilan laboratorium tinggi dan kelompok keterampilan laboratorium rendah (3) Interaksi antara model pembelajaran kooperatif GI dengan keterampilan laboratorium terhadapkemampuan generik sains pada materi hukum Newton. Penelitian ini merupakanjenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian two-group pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester I SMA Negeri 4 Medan T.A. 2012/2013 sebanyak 5 kelas (190 orang). Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-9 dan kelas X-1 yang diambil secara Cluster random sampling, kelas X-9 diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI(kelas eksperimen) dan kelas X-1 diajar dengan model pembelajaran DI (kelaskontrol). Data dianalisis menggunakan SPSS 17, Hasil pengujian hipotesisANOVA 2 jalur sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaranterhadap kemampuan generik. (2) Terdapat pengaruh keterampilan eksperimenlaboratorium terhadap kemampuan generik siswa. (3) Ada interaksi antara modelpembelajaran kooperatif tipe GI dan model pembelajaran kooperatif DI denganketerampilan laboratorium terhadap kemampuan generik. Persen peningkatanhasil belajar untuk kelas eksperimen lebih besar dari pada peningkatan hasilbelajar kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa adanya perbedaan yangsignifikan presentase kemampuan generik sains yang diajar menggunakan modelpembelajaran kooperatif tipe GI dengan keterampilan generik yang diajar denganmodel pembelajaran DI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 530.071 Sia e
Keywords: Group Investigation; Kemampuan generik; Generik sains; Pembelajaran kooperatif; Direct Instruction; Keterampilan laboratorium; Pembelajaran sains
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 25 Apr 2016 07:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4097

Actions (login required)

View Item
View Item