PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN TEKS FIKSI DI KELAS IV SDN 101903 BAKARANBATU KECAMATAN LUBUKPAKAM

Ramadhani, Asri Maulida (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PADA PEMBELAJARAN TEKS FIKSI DI KELAS IV SDN 101903 BAKARANBATU KECAMATAN LUBUKPAKAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8166182007 COVER.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8166182007 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8166182007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8166182007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8166182007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8166182007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8166182007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8166182007 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8166182007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 8166182007 BAB I.pdf - Published Version

Download (693kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8166182007 BAB V.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 8166182007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran dapat membuat pembelajaran semakin menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik sebagai media pembelajaran yang layak dan efektif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Borg dan Gall. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101903 Bakaranbatu, Kecamatan Lubukpakam. Produk dari penelitian pengembangan ini adalah sebuah media pembelajaran berupa komik yang dinyatakan layak dan efektif untuk digunakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar validasi kelayakan media oleh validator; (2) lembar observasi; (3) angket respon Wali Kelas terhadap media pembelajaran; (4) angket respons siswa terhadap media pembelajaran; (5) tes untuk menguji keefektifan media komik. Hasil dari proses pengembangan media komik ini adalah (1) media komik dinyatakan layak untuk digunakan pada pembelajaran teks fiksi dengan kategori sangat baik dari hasil penilaian validator media, validator bahasa, validator materi, penilaian dari Wali Kelas serta siswa. (2) media komik dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teks fiksi dibuktikan dengan rata-rata nilai kelas siswa yang menggunakan media komik pada saat pretes adalah 35,17 kemudian hasil rata-rata postes berubah menjadi 85,8.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi, Wismannidn0001027803
Thesis advisorSaragi, Daulatnidn0007116404
Call Number: 372.4 Ram p
Keywords: penelitian pengembangan, media pembelajaran, komik, teks fiksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Nov 2020 17:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40678

Actions (login required)

View Item View Item