EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MENYAJIKAN TANGGAPAN DARI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

AMELIA LUBIS, NITA (2020) EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MENYAJIKAN TANGGAPAN DARI TEKS ULASAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 2163111031 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB)
[img] Text
2. NIM 2163111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text
3. NIM. 2163111031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text
4. NIM. 2163111031 KATA PREFACE.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text
5. NIM. 2163111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text
6. NIM 2163111031 TABLE.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text
7. NIM 2163111031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text
8. NIM 2163111031 GRAFICS.pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text
9. NIM 2163111031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
10. NIM 2163111031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (511kB)
[img] Text
14. NIM 2163111031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text
15. NIM 2163111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB)

Abstract

2163111031 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya perbedaan kemampuan berbicara antara kelompok yang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan strategi Time Token Arends dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan strategi Time Token Arends pada siswa kelas VIII SMPN 1 Percut Sei Tuan, (2) keefektifan strategi Time Token Arends terhadap kemampuan berbicara dalam menyajikan tanggapan dari teks ulasan pada siswa VIII SMPN 1 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Model desain penelitiannya menggunakan tes awal dan tes akhir Variabel dalam penelitian ini adalah varibel bebas yang berupa strategi Time Token Arends dan variabel terikat yang berupa kemampuan berbicara siswa dalam menyajikan tanggapan dari teks ulasan. Populasi penelitian ini berjumlah 286 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Sampling dengan cara pengundian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemapuan lisan dan non lisan dalam kemampuan berbicara, observasi, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis menggunakan uji-t maka dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan perhitungan tersebut kedua kelompok tersebut terbukti bahwa skor pretest dan posttest kelompok tersebut normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji beda menggunakan uji-t. Hasil uji-t skot pretest dan posttest untuk kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,280> 2,010) pada taraf signifikansi 5% dengan db 128 dan diperoleh nilai p = 0,001 yang lebih kecil dari 0,05. Selanjutnya Hasil uji-t skot pretest dan posttest untuk kelompok kontrol menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,181> 2,010) pada taraf signifikansi 5% dengan db 128 dan diperoleh nilai p = 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang melaksanakan pembelajaran menggunakan strategi Time Token Arends dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan strategi Time Token Arends 2) pembelajaran yang menggunakan strategi Time Token Arends pada siswa kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan lebih efektif dibandingkan dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran tanpa menggunakan strategi Time Token Arends pada siswa kelas VIII SMP N 1 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi, Wismannidn0001027803
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2020 IND 087
Keywords: EFEKTIVITAS;MODEL PEMBELAJARAN;KEMAMPUAN BERBICARA;TEKS ULASAN.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Tessa Simahate
Date Deposited: 18 Sep 2020 14:32
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40471

Actions (login required)

View Item View Item