PENGARUH BLENDED LEARNING ROTATION MODEL STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN RESILIENSI PADA SISWA SMA

FITRI, SYAMSAH (2020) PENGARUH BLENDED LEARNING ROTATION MODEL STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN RESILIENSI PADA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8176171034 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text
2. NIM. 8176171034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (903kB)
[img] Text
3. NIM. 8176171034 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text
4. NIM. 8176171034 PREFACE.pdf - Published Version

Download (266kB)
[img] Text
5. NIM. 8176171034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (273kB)
[img] Text
6. NIM. 8176171034 TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text
7. NIM. 8176171034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text
8. NIM. 8176171034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
12. NIM. 8176171034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text
13. NIM. 8176171034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (729kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh blended learning rotation model strategi konflik kognitif (BLRMSKK) terhadap kemampuan spasial dan resiliensi matematis siswa setelah menerapkan pembelajaran, serta untuk melihat interaksi antara pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan spasial dan resiliensi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dilaksanakan di SMAN 1 Kutalimbaru dengan sampel penelitian sebanyak 72 siswa dengan jumlah masing-masing kelas 36 siswa, kelas XII-3 sebagai kelas blended learning rotation model strategi konflik kognitif (BLRMSKK) dan kelas XII-1 sebagai kelas konvensional. Data diperoleh melalui tes KAM, tes kemampuan spasial matematik, dan angket resiliensi matematis siswa. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis (ANAVA) diperoleh hasil penelitian kemampuan spasial siswa yang diajarkan dengan blended learning rotation model strategi konflik kognitif (BLRMSKK), lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Besarnya nilai signifikan yang diperoleh dari ANAVA 0,008 < 0,005. Hal ini menunjukkan ada perbedaan signifikan kemampuan spasial pada kedua pembelajaran, diperoleh nilai signifikansi model pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) sebesar 0,183 > 0,05 dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) dalam mempengaruhi kemampuan spasial matematis siswa. Selanjutnya resiliensi matematis siswa yang diajarkan dengan blended learning rotation model strategi konflik kognitif (BLRMSKK), lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Besarnya nilai signifikan diperoleh dari ANAVA 0,000 < 0,005 menunjukkan ada perbedaan signifikan resiliensi matematis pada kedua pembelajaran , sehingga diperoleh nilai signifikansi model pembelajaran dan KAM 0,031 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara bersama yang diberikan oleh model pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) terhadap resiliensi matematis siswa diterima. KAM yang dimiliki oleh siswa merupakan salah satu faktor yang mendukung kemampuan spasial siswa. Temuan penelitian merekomendasikan blended learning rotation model strategi konflik kognitif (BLRMSKK) dijadikan salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan di sekolah utamanya untuk mencapai kompetensi berpikir tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyahputra, Edinidn0021015706
Thesis advisorSyahputra, Hermawannidn0030098003
Call Number: 510.072 Fit p
Keywords: Blended Learning Rotation Model Strategi Konflik Kognitif, Kemampuan Spasial, Resiliensi Matematis, Kemampuan Awal Matematika (Kam)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 04 Aug 2020 17:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40037

Actions (login required)

View Item View Item