MANURUNG, DELIMA (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
1. NIM. 8136172018 APPROVAL COVER.pdf - Published Version Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
2. NIM. 8136172018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
3. NIM. 8136172018 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
4. NIM. 8136172018 PREFACE.pdf - Published Version Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
5. NIM. 8136172018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
6. NIM. 8136172018 TABELS.pdf - Published Version Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
7. NIM. 8136172018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
8. NIM. 8136172018 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
12. NIM. 8136172018 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
13. NIM. 8136172018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (438kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif yang dikembangkan berbasis Pendidikan Matematika Realistik; (2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR; dan (3) Menganalisis pencapaian self-efficacy siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PMR. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Desain penelitian ini menggunakan one-group posttest only design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam. Hasil penelitian menunjukkan: 1) perangkat pembelajaran berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMR) yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari uji coba I ke uji coba II, dengan peningkatan tiap indikator sebesar 0,35%; 3,99%; 16,22% dan 8,32%; dan 3) self-efficacy siswa meningkat dari uji coba I ke uji coba II, pada dimensi level meningkat sebesar 1,24%, pada dimensi generality meningkat sebesar 0,99%, dan pada dimensi strength meningkat sebesar 2,99%.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 510.072 Man p | |||||||||
Keywords: | PERANGKAT PEMBELAJARAN; PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK; KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS; SELF-EFFICACY | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah | |||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2020 17:22 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/40025 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |