PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE DENGAN THINK-PAIR-SHARE

Tini, Afsah (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE DENGAN THINK-PAIR-SHARE. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8106171002 Judul.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8106171002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8106171002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8106171002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8106171002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8106171002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8106171002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8106171002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8106171002 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8106171002 Bab V.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8106171002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Square dengan Think-Pair-Share. (2) apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Square dengan Think-Pair-Share. (3) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan berpikir kritis. (4) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis(5) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa pada kedua pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini siswa SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 9 Kotanopan. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan komunikasi matematis dengan pokok bahasan garis dan sudut. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan proses penyelesaian masalah pada pembelajaran Think-Pair-Square dan Think-Pair-Share. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Square dengan Think-Pair-Share. (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Square dengan Think-Pair-Share. (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran (Think-Pair-Square, Think-Pair-Share) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan berpikir kritis. (4) tidak ada interaksi antara pembelajaran (Think-Pair-Square, Think-Pair-Share) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis. (5) Proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa untuk kedua pembelajaran bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran Think-Pair-Square maupun Think-Pair-Share dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArmanto, Dian196310111988031001
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 510.071 Tin p
Keywords: Berpikir kritis; Komunikasi matematis; Think-pair-share; Think-pair-square; Pembelajaran kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3962

Actions (login required)

View Item View Item