PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS SMA SWASTA AL ULUM MEDAN T.P 2018/2019

Almira, Diva (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS SMA SWASTA AL ULUM MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 4152121011 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img] Text
2. NIM 4152121011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (232kB)
[img] Text
3. NIM 4152121011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text
4. NIM. 4152121011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text
5. NIM. 4152121011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text
9. NIM. 4152121011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text
13. NIM. 4152121011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB)
[img] Text
14. NIM. 4152121011 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (345kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis Problem Based Learning dan menggunakan model konvensional di kelas X MIA SMA Swasta Al Ulum Medan, dan pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika di kelas X SMA Swasta Al Ulum Medan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Al Ulum Medan yang terdiri dari empat kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik simple random sampling dan uji t. Intrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian terdiri dari 8 soal essay test. Hasil analisis data, menunjukkan penelitian pengaruh pembelajaran berbasis Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi pokok momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Swasta Al Ulum Medan yaitu: (1) Kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pembelajaran berbasis problem based learning meningkat dengan kategori sedang. (2) kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan pembelajaran konvensional meningkat dengan kategori rendah. (3) Hasil uji hipotesis uji t satu pihak menunjukkan ada pengaruh pembelajaran berbasis problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorJuliani, Rita0015076905
Call Number: SK-2019 FIS 104
Keywords: Problem based learning; Momentum; Impuls; Pemecahan masalah; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2020 15:12
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39505

Actions (login required)

View Item View Item