PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI MOMENTUM, DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.A. 2018/2019

Lumban Gaol, Dessy Renika Juliana (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI MOMENTUM, DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153321007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153321007 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153321007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153321007 ABSTRACT .pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153321007 ABSTRACT .pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153321007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153321007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153321007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153321007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153321007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153321007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153321007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153321007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153321007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153321007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) berbantu macromedia flash terhadap hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa pada materi momentum, dan impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 7 Medan T.P 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan pada semester Genap T.A. 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X IPA 4 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X IPA 3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 31 siswa dan 30 siswa yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantu Macromedia Flash dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 35,48 dan kelas kontrol adalah 36,00, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 77,63 dan kelas kontrol 73,78. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 1,70 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung> ttabel (1,70 > 1,67) maka Ha diterima. Melalui uji t tersebut diperoleh hasil signifikan bahwa hasil belajar pengetahuan konseptual fisika siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantu Macromedia Flash lebih baik dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 FIS 099
Keywords: Group investigation; Macromedia flash; Momentum; Impuls; Tumbukan; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran konvensional; Quasi experiment
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 Jun 2020 06:33
Last Modified: 22 Jun 2020 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39494

Actions (login required)

View Item
View Item