ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

Putri, Nurul Huda (2019) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGH ORDER THINKING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 4152111030 JUDUL.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text
2. NIM. 4152111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text
3. NIM. 4152111030 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB)
[img] Text
4. NIM. 4152111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text
5. NIM. 4152111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text
9. NIM. 4152111030 BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text
13. NIM. 4152111030 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text
14. NIM. 4152111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal matematis siswa terhadap penyelesaian soal-soal high order thinking ditinjau dari soal analisis, soal evaluasi, soal mencipta, dan secara umum. Penelitian ini pun bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikam soal-soal high order thinking serta untuk mengetahui faktr-faktor yang menyebabkan siswa keliru dalam menyelesaikan soal-soal high order thinking. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran dengan jenis concurrent embedded. Metode kuantitatif yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dan metode kualitatif yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan probability simple random sampling dan sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII-4 dengan jumlah 29 orang. Pengambilan subjek dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan subjek yang diambil sebanyak 9 orang, yaitu 3 siswa yang berkemampuan tinggi, 3 siswa yang berkemampuan sedang, dan 3 siswa yang berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal high order thinking berupa soal uraian sebanyak 3 soal untuk kemampuan awal dan 3 soal untuk posttest, wawancara, dan lembar perasaan. Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan awal matematis siswa berpengaruh signifikan terhadap penyelesaian soal-soal high order thinking secara umum dan dalam aspek analisis, sedangkan dalam aspek evaluasi dan aspek mencipta, kemampuan awal matematis siswa tidak berpengaruh terhadap penyelesaian soal-soal high order thinking. Siswa dikategorikan mampu menyelesaikan soal-soal high order thinking. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa keliru dalam menyelesaikan soal-soal high order thinking diantaranya adalah kurang teliti dalam proses penyelesain soal, kurang sistematis dalam menyelesaikan soal menggunakan rumus, kurangnya pemahaman terhadap soal, ketidaklengkapan membaca soal, tidak konsisten dalam penulisan simbol dan kurangnya perhatian dari orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorFauzi, KMS. Muhammad Amin0029066404
Call Number: SK-2019 MAT 109
Keywords: Kubus; Balok; Kemampuan awal matematis; High order thinking; Problem based learning; Kemampuan menyelesaikan soal matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 May 2020 17:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39347

Actions (login required)

View Item View Item