Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Tema, Suasana dan Makna dalam Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 STM Hilir Talun Kenas Tahun Pembelajaran 2018/2019

Sembiring, Muliyanti Br. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Tari Bambu Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Tema, Suasana dan Makna dalam Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 STM Hilir Talun Kenas Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM 2153311030 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text
2. NIM 2153311030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (766kB)
[img] Text
3. NIM 2153311030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text
4. NIM 2153311030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (132kB)
[img] Text
5. NIM 2153311030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB)
[img] Text
6. NIM 2153311030 TABLE.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text
7. NIM 2153311030 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
8. NIM 2153311030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text
12. NIM 2153311030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB)
[img] Text
13. NIM 2153311030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi tema, suasana dan makna dalam puisi serta kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran untuk meningkatkan mutu untuk belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi tema, suasana dan makna dalam puisi menggunakan model tari bambu oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 STM Hilir tahun pembelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen One Group Pre-test Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 157 siswa kelas X SMA Negeri 1 STM Hilir Talun Kenas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 33 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengujikan uji “t”. Setelah dilakukan uji t, maka diperoleh thitung = 5,44 maka nilai tersebut dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 33-1= 32. Dari df= 32 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel (5,44 > 2,04). Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model Tari Bambu berpengaruh dalam kemampuan mengidentifikasi tema, suasana, dan makna dalam puisi siswa kelas X SMA Negeri 1 STM Hilir Talun Kenas tahun pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBarus, Sanggupnidn0010115408
Keywords: Model Tari Bambu; Kemampuan Mengidentifikasi Tema; Suasana; dan Makna dalam Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 24 Apr 2020 05:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39139

Actions (login required)

View Item View Item